English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 14 Februari 2010

Tips Mempercepat Kerja Komputer: Bersih-bersih Hardisk

Ini kisah saya dua hari lalu. Setelah hampir satu tahun memiliki laptop yang diisntall windows, saya merasakan bahwa kerja laptop saya semakin lambat. Ada apakah gerangan? Jangan-jangan sudah dekat dengan ajal? Setalah bertanya kesana-kemari maka dapatlah saya jawabannya. Ternyata hardisk saya perlu dibersihkan agar kerja komputer semakin cepat.
Langsung saja kita mulai langkah-langkah ‘bersih-bersih’ hardisk untuk mempercepat kerja komputer:





1. Disk Cleanup

  • Buka My Computer, klik kanan Drive kamu (C, D, E, atau yang lain), pilih menu Properties, klik tombol Disk Cleanup, maka proses scanning (bukan scanning virus) akan berjalan.

  • Setelah proses scanning makan muncul jendela Disk Cleanup. Centang bagian-bagian yang ingin kamu hapus lalu tekan Ok. Mungkin jumlah centang di tempat kamu bisa lebih banyak atau lebih sedikit

2. Defrag Hard Disk-mu

Windows memiliki program bawaan untuk melakukan defrag hard disk. Tapi saya sarankan kamu memakai Auslogics. Saya lebih suka software ini karena lebih berwarna :D . Auslogics akan memberitahu berapa persen peningkatan kecepatan hard disk setelah di-defrag.

3. Perbaiki Bad Sector

  • Buka My Computer, klik kanan Drive kamu (C, D, E, atau yang lain), pilih menu Properties, klik tab Tools.
  • Klik tombol Check Now untuk menu Error-Checking, maka akan muncul jendela Check Disk.
  • Pada jendela tersebut, centang menu Scan (kamu juga bisa mencentang semua menu) lalu klik Start.
  • Saya lupa, perlu restart atau tidak. Silakan dicoba saja.

Semoga bermanfaat. Kali aja saya dan yang nularin ilmu dapat pahala :D .

~sumber: informasi dari sahabat-sahabat saya dan ternyata dedengkot sumbernya dari sini http://agungfirmansyah.wordpress.com/2009/07/05/tips-mempercepat-kerja-komputer-bersih-bersih-hardisk/ & http://www.microsoft.com/atwork/maintenance/speed.aspx


0 komentar:

Posting Komentar

 
Leave comment here..!!